Unsan News, Muara Enim. Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Emran Tabrani, MSi menghadiri Penutupan KKN Angkatan I Unsan dan sekaligus Dies Natalis pertama Unsan, yang ditandai dengan peresmian nama Musholla Al-Fikratul Anwar di dalam Kampus Unsan. Acara tersebut dihadiri juga Pembina Yayasan Perguruan Serasan Muara Enim (YPS ME) H. Riswandar, SH, MH dan Sekretaris YPS ME H. M. Taufik Saiman, S. Ag, ME, Rektor Unsan beserta jajarannya, dan peserta KKN Angkatan I Unsan.

Ketua Panpel KKN H. Yandra Iskandar, ST, MSi, memberikan laporan terkait maksud, tujuan, peserta, dan daerah target KKN yang meliputi tujuh kelurahan di Kecamatan Muara Enim dan Kecamatan Lawang Kidul.

Dalam kata sambutannya, Rektor Unsan Prof. Hj. Tuty Emilia Agustina, ST, MT, PhD, menyampaikan bahwa KKN merupakan implementasi ilmu yang didapatkan mahasiswa di kampus kepada masyarakat, yang termasuk dalam Tridharma Perguruan Tinggi. Rektor berharap peserta KKN tetap kreatif dan inovatif dalam menjalani kehidupan di dalam dan di luar kampus agar mampu bersaing di dunia usaha dan dunia industri baik lokal maupun global. Lebih lanjut Rektor meminta Civitas Akademika Unsan agar bisa memakmurkan musholla Al-Fikratul Anwar. Tak lupa Rektor meminta para pimpinan, dosen, juga staf agar bekerja sama, dan solid dalam menjalankan peran serta tugasnya masing-masing untuk melayani yang terbaik bagi mahasiswa. Dalam kesempatan dies natalis yang pertama, Rektor juga menyampaikan saat ini Unsan sedang menggagas Kelas Kerjasama Program Pasca Sarjana (PPs) dengan Universitas Sriwijaya, di antaranya dalam bidang ilmu hukum, pertanian, ekonomi, dan lingkungan. Di akhir kata sambutannya, Rektor berpesan perlunya sinergitas Unsan dengan Pemerintah Kabupaten dalam membangun Muara Enim lebih baik.

Asisten I Drs. H. Emran Tabrani, MSi menyampaikan bahwa KKN merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mempraktekkan ilmu di masyarakat.
Setelah menutup kegiatan KKN, Emran menyampaikan ucapan selamat atas Dies Natalis Unsan yang pertama. Pemkab Muara Enim merasa bangga dengan berdirinya Unsan pada tanggal 25 Mei 2022. Unsan yang merupakan hasil penggabungan tiga Sekolah Tinggi yaitu STIT Serasan, STIE Serasan, dan STIH Serasan, telah banyak menghasilkan lulusan yang kini sudah berkiprah di pemerintahan daerah Muara Enim.

Unsan dapat bekerjasama dengan Pemkab Muara Enim baik dalam bidang Pendidikan/pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Tentunya Unsan dapat mengajukan permohonan bantuan seperti sarpras, dll. Muara Enim sesungguhnya kaya, akan tetapi kekurangan SDM utk mengelola SDA. Untuk itu kontribusi Unsan dalam mencetak SDM yang unggul sangatlah dinantikan.

Dalam kesempatan Dies Natalis I Unsan yang sederhana, H. Emran meresmikan nama Musholla Al- Fikratul Anwar yang terletak di dalam kampus. Al Fikrotul Anwar berarti pemikiran atau ide-ide yang cemerlang, yang diharapkan akan lahir dari dalam kampus Unsan. Nama mushola ini juga mengambil nama pendiri Yayasan Perguruan Serasan Muara Enim, H. Anwar Mahakil, SH (alm) untuk mengenang jasanya dan melanjutkan cita-citanya dalam membangun dunia pendidikan khususnya di Muara Enim. H. Emran pun memimpin pembacaan surah Al Fatehah untuk pendiri yayasan. Acara diakhiri dengan pemotongan tumpeng dan foto bersama.

Unsan for Better Future.