Contact Person

081368920873

Daftar PMB

pmb.unsan.ac.id

Search

(Unsan Pers, 4 – 5/15 2023), Bertempat di Ruang Pertemuan Universitas Baturaja Jl. Ratu Penghulu No.230, Kepala LPM Univesitas Serasan, Ibu Hj. Dwi Oktarina Aryani, S.E., M.Si mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Optimalisasi SPMI Melalui Peningkatan Komitmen Pimpinan dan Pemahaman Pelaksanaan SPMI Perguruan Tinggi Swasta Menuju Pendidikan Berkualitas di Lingkungan LLDIKTI Wilayah II. Acara yang dihadiri oleh PTS yang berada di dalam koordinasi LLDIKTI wilayah II ini, bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang kewajiban PTS untuk mulai mentranformasikan Budaya Mutu dan tata kelola perguruan tingginya sesuai dengan Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut, juga diikuti oleh bapak H. Yandra Iskandar, S.T.,M.Si, selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Serasan, yang pada saat kegiatan berkapasistas sebagai Kepala UPM Fakultas Sains dan Teknologi Unsan. Acara pembukaan, setelah menyanyikan lagu wajib Indonesia raya dan Doa, di awali Sambutan yang disampaikan langsung oleh Rektor Universitas Baturaja, Ibu Ir. Hj. Linda Wati MZ, M.T. dialnjukan dengan sambuatn yang sekaligus membuka acara kegiatan oleh Bapak Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, M.Sc.

Dalam sambutan kepala LLDIKTI Wilayah II, berharap para peserta, dapat lebih mengoptimalkan SPMI PT-nya, melalui peningkatan komitmen Pimpinan terhadap pelaksanaan SPMI sebagai upaya menuju PT yang berkualitas. Peran LPM dan Komitmen Pimpinan yang baik menjadi ujung tombak Perguruan Tinggi yang berkualitas, meski tidak lupa ikut memberdayalan seluruh unsur organ di PT masing-masing.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari dibagi menjadi 2 agenda besar, dimana hari pertama kegiatan membahas mengenai, sosialisai dari Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023, yang sejogjanya sudah harus dilaksankan secara serentak per tanggal 1 Januari 2025 nanti, tetapi setiap Perguruan Tinggi, dihimbau untuk sudah mulai bersiap-siap mentransformasikan Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 ke dalam PT-nya. Dalam kegiatan hari pertama ini dibahas  juga  penyusunan Manual dan Standar SPMI, dengan aturan terbaru tersebut.

Narasumber kegiatan dalam kegiatan ini adalah bapak Dr. Dessy Hermawan, M.Kes, dari Universitas Malahayati Lampung dengan materinya ”Implementasi Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 untuk Meningkatkan Budaya Mutu dan Tata Kelola Perguruan Tinggi.”, dilanjutkan dengan materi kedua oleh bapak Rahmat Nawi Siregar, S.Pd., M.Sc. Dosen Program Studi Fisika Institut Teknlogi Sumatera (ITERA) Lampung dengan materi “Penyusunan Manual SPMI Perguruan Tinggi” , dan narasumber berikutnya, Ibu Dra. Hj. Maryaningsih, M.Kom. Dekan Fakultas Ilmu-ilmu Sosial dari Universitas Dehasen Bengkulu dengan Materi “Penyusunan Standar SPMI Perguruan Tinggi.”

Dihari kedua kegiatan, setiap peserta di bagi menjadi tiga kelompok, dengan didampingi satu narasumber dan pihak TIM SPMI Wilayah II, yang digawangi oleh Mbak Cece dan kawan-kawan. Setiap PT diberikan kesempatan untuk memaparkan sampai dimana pelaksanaan SPMI perguruan tinggi yang sudah dilaporkan melalui Aplikasi SPMI pada laman https://spmi.kemdikbud.go.id/penetapan/kebijakan-spmi.