Contact Person

081368920873

Daftar PMB

pmb.unsan.ac.id

Search

LEMBAGA PENJAMINAN MUTU UNIVERSITAS SERASAN (LPM UNSAN) MENGADAKAN KEGIATAN LOKAKARYA PENYUSUNAN SOP LAYANAN AKADEMIK DAN NON AKADEMIK TAHUN 2024

Berinovasi lanjutkan Merdeka Belajar

(Unsan Pers, 29/0 2024), Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Serasan Muara Enim menyelenggarakan Lokakarya Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) pada Kamis, 29 Februari 2024 di Gedung Kuliah Bersama, Lt.  2 Universitas Serasan. Kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan dari setiap unsur organ yang ada di Universitas Serasan.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. H. Salmudin, S,H., M.H bertindak mewakili Rektor, memberikan sambutan pada kegiatan tersebut, bahwa acara ini merupakan kegiatan yang penting dilakukan untuk menunjang dan sekaligus menjadi pegangan seluruh organ Unsan dalam memberikan pelayanan baik pelayanan Akademik maupun Non Akadmik dengan lebih terarah, akurat dan efisien efektif. “Lokakarya ini diharapkan mampu menjadi standar di Universitas Serasan dan juga sebagai tolak ukur Universitas lain yang ada di Kabupaten Muara Enim” sambutnya.

Dalam laporannya sebagai ketua pelaksanan,  kepala Lembaga Penjaminan Mutu memaparkan tujuan dari diadakannya Lokakarya ini adalah “untuk melakukan sinkronisasi dan pemuktahiran SOP di Direktorat Pendidikan dimana seiring berjalannya waktu, perubahan pada bisnis proses, kebijakan, perbaikan kualitas dan pengendalian kualitas sangat dinamis”.

Fokus utama dari lokakarya ini adalah pada pelayanan administrasi – baik itu antar organ di Unsan maupun sebagai percepatan pelayanan kepada Mahasiswa, Pengguna dan pihak yang terkait lainnya.

Dalam kegiatan ini, lokakarya yang dipandu langsung oleh kepala Lembaga Penjaminan Mutu Unsan, membagi Tim Kerja menjadi tiga tim kerja, terdiri dari Tim Kerja Penyusun SOP Akademik (Tri Dharma Unsan), Tim Kerja Penyusun SOP BIRO, dan Tim Kerja Penyuan SOP Unsur Penunjang yang ada di Unsan. Hasil dari Tim kerja akan diajukan sebagai bahan penyusunan Buku SOP Universita Serasan tahun 2024. Pada puncak kegiatan, setiap koordinator Tim kerja memaparkan penysunan SOP yang telah dilakukan,

Kegiatan ini tidak selesai hanya sampai tersusunnya SOP dari masing-masing tim kerja, mealinkan, dari setiap SOP yang disusun setiap Tim kerja diberi waktu sampai 2 minggu kedepan untuk mempelajari alur kerja masing-masing standarapakah sudah benar atau perlu diperbaiki, sehingga pada akhirnya SOP yang disusun sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dapat diterapkan dengan prinsip “keadilan dan tranparansi pelayanan” di Universitas Serasan.

Pada akhir kegiatan, secara bergiliran Dekan pada 2 fakultas yang ada di Unsan, yaitu Fakultas Sains dan Teknologi dan Fakultas Ekonomi dan Hukum, menyampaikan sambutannya, dan sepakat bahwa Lokakarya Penyusuna SOP ini sangat penting untuk lebih menseragamkan bentuk pelayanan baik akademik maupun non akademik. Sehingga dipandang perlu pendokumentasian SOP yang belum dibuat maupun yang sudah yang bila tidak sesuai lagi dengan kondisi sekarang perlu dilakukan perbaikan.