Contact Person

081368920873

Daftar PMB

pmb.unsan.ac.id

Search

Waw… PKKMB Universitas Serasan Diikuti Ratusan Mahasiswa Baru Dengan Antusias

Berinovasi lanjutkan Merdeka Belajar

Muara Enim, Ratusan mahasiswa baru Universitas Serasan (Unsan) dari Fakultas Ekonomi dan Hukum serta Fakultas Teknik mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang digelar di Aula Kampus Unsan, Sabtu (14/10/2023).

Acara ini dihadiri langsung oleh Rektor Unsan sekaligus membuka kegiatan PKKMB Universitas Serasan, juga dihadiri Sekretaris Yayasan Perguruan Serasan Muara Enim, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Wakil Rektor bidang Non Akademik, Dekan FST, Dekan FEH, Semua Kaprodi, Dosen, dan Pegawai di Lingkungan Unsan.

Ketua Pelaksana PKKMB Yenni Suryono, SE. MSi, mengatakan PKKMB bagi mahasiswa baru adalah kegiatan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru.

Pelaksanaan kegiatan PKKMB Universitas Serasan Tahun Akademik 2023/2024 dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu Sabtu14 Oktober dan Minggu 15 Oktober 2023.
“Akhir kata kami segenap Civitas Akademika Universitas Serasan mengucapkan selamat datang kepada Mahasiswa Baru di Kampus Universitas Serasan. Harapan kami semua Mahasiswa Baru yang mengikuti PKKMB ini nantinya akan lulus dengan hasil terbaik sebagai Alumni Universitas Serasan,” harapnya.

PKKMB, merupakan kesempatan pertama bagi para mahasiswa baru untuk merasakan atmosfer kampus, mendapatkan informasi penting tentang program studi mereka, serta berkenalan dengan pimpinan, dosen dan senior-senior mereka di lingkungan Unsan. Tukas Yeni

Sementara itu dalam sambutannya, Rektor Unsan Prof. Hj. Tuty Emilia Agustina, PhD mengajak mahasiswa baru untuk menjalani masa studi dengan semangat dan dedikasi. Ia juga menekankan pentingnya PKKMB dalam membantu mahasiswa baru beradaptasi dengan lingkungan kampus yang baru.

Untuk itu, dirinya berharap melalui PKKMB ini, para mahasiswa dapat segera menyesuaikan diri dan memiliki kemampuan literasi dengan transformasi proses belajar di perguruan tinggi yakni Student Learning Center.

“Jika di sekolah menengah proses belajar bersumber dari guru, maka di tingkat perguruan tinggi proses belajar berpusat pada mahasiswa. Jadi mahasiswa dituntut dapat belajar mandiri, menggali potensi diri, dan memanajemen waktu dengan baik karena jam belajar di perguruan tinggi berbeda dengan di sekolah menengah,” pungkasnya.

Kegiatan PKKMB ini dipenuhi dengan berbagai sesi interaktif, termasuk materi yang disampaikan oleh narasumber eksternal dan internal, pengenalan lingkungan kampus, serta sesi pengenalan organisasi dan kegiatan ekstrakurikuler yang ada di Unsan.

Pengisi materi dari luar Unsan terdiri dari: Kolonel Infrantri Sunarto, S.Pd dari RINDAM II/Sriwijaya menyampaikan materi tentang kehidupan berbangsa, bernegara, dan pembinaan kesadaran bela negara. Widya Arsita, SKM Penyuluh Narkoba Ahli Pertama/BNN materi tentang Bahaya Narkoba dan Pencegahannya. Iwan Efandri, SE, plt Kepala Bidang Hubungan Industrial Jaminan Sosial dan Tenaga Kerja dari Disnakertrans, menyampaikan materi tentang K3L

Sedangkan pemateri dari Unsan, yaitu : H. Yandra Iskandar, S.T., M.Si, beliau Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Serasan, menyampaikan materi Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Hj. Dwi Oktarina Aryani, S.E., M.Si, Kepala LPM Universitas Serasan tentang Sistem Penjaminan Mutu. Emiyati, S.E., M.Si, Kepala BAAK Universitas Serasan tentang Sistem Akademik. Eko Pebriawan, S. kom, tentang E-dlink dan Siakad. Materi terakhir diakhiri oleh pengisi dari BEM UNSAN berikut dengan lomba-lomba dan pemberian hadiahnya dan diakhiri dengan Foto bersama dengan Civitas Akdemika Unsan.

Para mahasiswa baru mengikuti kegiatan PKKMB dengan tertib, semangat dan antusias dalam acara tersebut.

Humas Universitas Serasan